Senin, 17 April 2017

Mengenal Provisional Sum

Assalamu'alaikum.

Dalam Bill of Quantity (BQ) terkadang terdapat sebagian item pekerjaan yang termasuk dalam item Provisional Sum. Hal ini terjadi untuk jenis kontrak Lumpsum Fixed Price (Lumpsum terhadap gambar dan harga satuan mengikat selama pelaksanaan proyek).

Penyebab adanya item Provisional Sum karena :

  1. Konsep desain sudah ada, namun gambar detail belum ada pada saat kontrak.
  2. Owner ingin mendapat estimasi biaya keseluruhan proyek pada saat kontrak, maka Konsultan QS membuat estimasi volume pekerjaan dari gambar konsep. Owner bertujuan untuk mengontrol addendum nilai kontrak di kemudian hari.

Definisi Provisional Sum.
Provisional Sum merupakan suatu metode perhitungan item pekerjaan tertentu dimana pembayaran terhadap item pekerjaan tersebut diperhitungkan berdasar pada perhitungan ulang sesuai “Quantity” terukur di lapangan. Item pekerjaan tersebut dapat tidak dibayarkan sama sekali apabila pada kenyataan lapangan didapatkan hasil opname “Quantity” adalah Nol (sesuai quantity aktual terlaksana di lapangan) dan harga satuan mengikat sesuai dengan BQ Kontrak.

Keuntungan dan kerugian item Provisional Sum bagi Kontraktor.
Keuntungan item Provisional Sum bagi Kontraktor :

  1. Apabila harga satuan merupakan harga satuan rugi dan terjadi pekerjaan kurang, maka akan mengalami minder biaya.
  2. Apabila harga satuan merupakan harga satuan untung dan terjadi pekerjaan tambah, maka akan mengalami kenaikan laba.

Kerugian item Provisional Sum bagi Kontraktor :

  1. Apabila harga satuan merupakan harga satuan rugi dan terjadi pekerjaan tambah, maka akan mengalami over biaya.
  2. Apabila harga satuan merupakan harga satuan untung dan terjadi pekerjaan kurang, maka akan mengalami penurunan laba.
Solusi untuk item Provisional Sum.
Untuk menghindari adanya penurunan laba yang disebabkan oleh item Provisional Sum, maka dapat dilakukan (contoh) hal berikut :

  1. Tahap penawaran (tender), harga satuan BQ dibuat normal.
  2. Apabila item tersebut merupakan item rugi, upayakan mengajukan perubahan desain item pekerjaan diluar kontrak, karena harga satuan baru dilakukan negosiasi.
  3. Apabila signifikan mempengaruhi nilai laba/rugi, item Provisional Sum dimasukkan dalam manajemen resiko (potensi menurunkan laba).
Contoh kasus :
Item Provisional Sum untuk pekerjaan Separator Beam Lift. Gambar detail belum ada karena tipe Lift belum diputuskan oleh Owner (Pengadaan Lift by Owner).

Provisional Sum Separator Beam

RAB = 75.666.777
RAP = 68.521.700
Harga Sub Kontraktor = 74.207.870
Item ini merupakan item pekerjaan rugi karena harga sub kontraktor lebih besar (over) dari RAP. Untuk 1 lantai over biaya 5.686.170, apabila dikalikan 38 lantai jumlah over biaya 216.074.460. Tidak sedikit!
Untuk contoh kasus ini bisa dicoba dengan solusi no. 2 dan 3. Dan jangan lupa banyak berdo'a. Aamiin.

Semoga bermanfaat! Semoga sukses!
Terima kasih.
Wassalam.

1 komentar:

  1. Maaf saya ada item pekerjaan provisional sum. di kontrak item dimunculkan dan volumenya 1 dan harga satuan dan total adalah 0. pekerjaannya adalah penebangan pohon. dan itu dilaksanakan di lapangan. Apakah itu di bayar atau tidak?

    BalasHapus

Tugas Quantity Surveyor (Estimator) Proyek

Assalamu'alaikum. Istilah lain Quantity Surveyor (QS) yaitu Estimator. Profesi Quantity Surveyor saat ini telah berkembang terliha...